Kue Apem Gula Merah

Written By Agung Setiawan on Senin, 22 Agustus 2011 | 5:48 PM

Apem Gula Merah
Selain kue kering, Anda juga bisa menyuguhkan kue basah sebagai camilan di saat hari raya. Kue tradisional seperti Apem Gula Merah dijamin disukai keluarga dan sanak kerabat. Cita rasa apem yang empuk dengan aroma khas daun pandan pasti membuat suasana lebaran semakin berkesan.


Bahan A:
200 gr tepung beras
100 gr tepung terigu
200 ml air kelapa
250 ml santan dari ½ butir kelapa
200 gr gula merah, iris halus
6 gr (1 sdt) ragi instan
1 sdt baking powder
1 sdt bumbu spekuk
1 lembar daun pandan, simpulkan
½ sdt garam halus

Bahan B:
200 gr tepung beras
100 gr tepung terigu
200 ml air kelapa
250 ml santan dari ½ butir kelapa
150 gr gula pasir, iris halus
6 gr (1 sdt) ragi instan
1 sdt baking powder
1 lembar daun pandan, simpulkan
½ sdt garam halus


Cara Membuat:
1. Bahan A: Didihkan air kelapa, masukkan gula merah, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih, angkat, saring. Dinginkan.
2. Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk dengan tangan hingga tercampur rata.
3. Masukkan santan, tepung terigu, ragi instan, bumbu spekuk dan baking powder, uleni dengan tangan sambil di aduk-aduk selama 10 menit. Diamkan adonan selama 40 menit atau hingga adonan mengembang dan permukaannya berbuih.
4. Siapkan loyang cake yang telah diolesi dengan minyak goreng. Tuang adonan A hingga setengah dari tinggi cetakkan. Kukus selama 30 menit atau hingga kue matang.
5. Bahan B: Didihkan air kelapa dengan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak hingga mendidih, angkat, saring, dinginkan.
6. Tuang rebusan air kelapa ke dalam tepung beras, aduk rata. Tambahkan santan tepung terigu, ragi instan, dan baking powder ke dalam adonan tepung beras. Aduk dengan tangan sambil di uleni selama 10 menit.
7. Diamkan adonan selama 40 menit. Tuang adonan B ke atas adonan A. Kukus kembali selama 30 menit hingga kue mengembang dan benar-benar matang, angkat. Dinginkan.
8. Keluarkan kue dari cetakkan, potong-potong. Atur di atas piring saji. Hidangkan.

Untuk 20 Potong
Tips: Alasi tutup kukusan dengan kain s erbet bersih agar uap air tidak menetes ke permukaan adonan. Jangan membuka tutup kukusan saat kue dikukus karena bisa menyebabkan kue bantat dan tidak mengembang.

Resep/Dapur Uji/Foto: Budi Sutomo

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca budiman tolong kolom komentarnya diisi ya Tks before (^_^)