Cara Install Gmail Pada Windows Mobile

Written By Agung Setiawan on Senin, 11 Juli 2011 | 3:55 PM

Saat ini penggunaan fasilitas push e-mail begitu populer, karena dengan fasilitas ini kita tidak lagi harus melakukan ritual memeriksa mailbox, karena begitu ada e-mail masuk, maka perangkat kita akan berbunyi layaknya seperti kita mendapatkan SMS.

GMail telah menyediakan layanan Google Sync, yakni sebuah layanan yang menawarkan fitur sinkronisasi otomatis antara perngakat ponsel dengan akun GMail yang kita miliki.

Layanan sinkronisasi meliputi data-data sebagai berikut :
Gmail Sync, layanan ini merupakan sinkronisasi otomatis antara server GMail dengan perangkat yang kita gunakan, sehingga dengan layanan ini kita tidak harus memeriksa e-mail secara manual, karena begitu ada email masuk maka perangkat ponsel kita akan memberikan notifikasi secara langsung dan otomatis.

Sinkronisasi Kontak, dengan layanan ini yang disinkronis asi tidak hanya e-mail namun juga daftar konta atau buku alamat, sehingga semua data yang ada pada ponsel kita akan disimpan pada server GMail, jika kita mengganti ponsel, maka data-data tersebut akan aman disimpan di server GMail dan selanjutnya kita tinggal melakukan sinkronisasi dengan ponsel baru kita, makan data kontak lama akan masuk ke ponsel baru.

Sinkronisasi Kalender, dengan fitur ini daftar kegiatan dan alarm serta jadwal yang ada pada kalender di ponsel kita dapat disinkronisasi dengan data di server Gmail.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur GMail Sync pada perangkat yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile :

Catatan: Sebelum melakukan langkah-langkah ini, pastikan kita telah mem-backup semua data yang ada dalam perangkat Windows Mobile kita.

Langkah pertama :
1. Buka aplikasi ActiveSync yang ada pada perangkat ponsel kita.
2. Klik pada link Set up your device to sync with it.
3. Masukan/ isikan m.google.com pada kolom server address.
4. Pastikan bahwa opsi SSL dicontreng.

Langkah kedua
1. Klik Next.
2. Masukan alamat e-mail Google Account secara penuh pada bagian user name.
3. Masukan password Google Account yang kita miliki pada Password.
4. Biarkan kolom Domain kosong. Jika perangkat kita mengharuskan kita memasukan nama domain, ketikan google.
5. Klik Next.
6. Contreng pada Contacts, Calendar, atau Email, tergantung kita, bagian mana saja yang akan kita sinkronisasi.
7. Klik Finish.
8. tekan tombol Sync softkey yang ada pada layar untuk melakukan sinkronisasi.

Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca budiman tolong kolom komentarnya diisi ya Tks before (^_^)