Light Radio Atasi Ledakan Layanan Mobile Broadband

Written By Agung Setiawan on Senin, 13 Juni 2011 | 11:19 AM

Alcatel Light Radio


TRIBUNNEWS.COM,PARIS – Panggilan video selular, berkualitas tinggi, jarak jauh perdana di dunia yang menggunakan lightRadio™ - sebuah sistem terobosan yang dipelopori oleh Alcatel-Lucent (Euronext Paris dan NYSE: ALU) untuk mentransformasi nilai ekonomi dan effisiensi telepon selular – telah berhasil dilaksanakan di meja bersejarah milik Alexander Graham Bell.

Para eksekutif industri, pimpinan teknologi dan analis menyaksikan panggilan video lightRadio perdana yang dilaksanakan dari markas besar Bell Labs, motor inovasi Alcatel-Lucent dan sekarang merupakan ‘rumah’ dari meja bersejarah milik Graham Bell, darimana ia melakukan panggilan telepon jarak jauh yang paling pertama di dunia.

Chris Lewis, analis industri dan Wakil President Grup IDC, melakukan panggilan dari Bell Labs di Murray Hill, New Jersey, ke Ben Verwaayen, Chief Executive Alcatel-Lucent di Paris, dan mendelegasikan sebuah konferensi bisnis di Miami.

lightRadio adalah nama dari sebuah keluarga teknologi yang diciptakan untuk mentransformasi komunikasi selular, meningkatkan kualitas layanan jaringan bagi pelanggan seraya secara drastis mengurangi ukuran, jejak karbon dan konsumsi energi dari BTS.

Setelah menyelesaikan panggilan, Ben Verwaayen mengatakan: “Kami telah mengubah lightRadio dari meja gambar menjadi sebuah sistem yang benar-benar bekerja, menciptakan sebuah sistem yang benar-benar baru, yang dapat menghubungkan para pelanggan di seluruh dunia.”

Peluncuran lightRadio akan mengatasi ledakan permintaan atas layanan mobile broadband dan konsumsi global atas konten nirkabel yang terus meningkat. Hal ini dipicu oleh pengadopsian smart-phone dan popularitas aplikasi-aplikasi video, jejaring sosial dan layanan game selular – yang kesemuanya membutuhkan service provider nirkabel untuk memberikan kecepatan dan kapasitas yang lebih benar di manapun.

Operator jaringan seperti France Telecom/Orange, Telefonica dan China Mobile tengah terlibat bersama Alcatel-Lucent dalam penciptaan bersama implementasi pasar dari lightRadio. Sistem ini diharapkan dapat memberikan penghematan operasional yang signifikan bagi carriers dan pemilik infrastruktur dengan mengakhiri keberadaan sistem BTS yang kompleks dan menara-menara besar.

Panggilan perdana minggu ini mendemonstrasikan kemampuan lightRadio mengatasi data tingkat tinggi, memenuhi permintaan pelanggan pengguna video mobile pada jaringan internet. Di antara terobosan yang dijanjikan oleh sistem ini adalah ia dapat menurunkan konsumsi energi hingga 50% - dibandingkan dengan perangkat saat ini; yang memungkinkan peluncuran ke pasar-pasar yang baru layanan mobile broadband yang menggunakan sumber daya berkesinambungan; dan penghematan besar-besaran bagi para operator.

Alcatel-Lucent memprediksi bahwa lightRadio akan membantu menurunkan biaya situs infrastruktur selular, konsumsi energi, operasi dan perawatan. Bell Labs memperkirakan total biaya kepemilikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca budiman tolong kolom komentarnya diisi ya Tks before (^_^)