Nokia N9

Written By Agung Setiawan on Selasa, 21 Juni 2011 | 2:36 PM

Nokia N9 (nokia)
Ajang Nokia Connection 2011 di Singapura dimanfaatkan Nokia untuk memperkenalkan handset N9. Terasa cukup istimewa karena N9 adalah handset pertama Nokia yang memakai sistem operasi MeeGo.

Wujud ponsel ini terlihat modis dengan berbagai pilihan warna cerah. Bodinya tidak dipenuhi begitu banyak tombol. Untuk melakukan navigasi, pengguna secara penuh akan menggunakan gestur sentuhan jari, seperti geser dan double tap.

Sistem operasi MeeGo sendiri adalah hasil duet antara Nokia bersama raksasa teknologi lainnya, Intel. Memang Nokia sudah memastikan akan memakai sistem operasi Windows Phone 7 di smartphone masa depannya, namun mereka pernah berjanji tetap akan merilis handset MeeGo.

Dan smartphone Nokia N9 yang memiliki wujud cukup menawan ini adalah buktinya. Simak foto foto N9 dari berbagai sudut, bersumber dari situs Nokia Conversation berikut ini:

 Dari gambar di atas, tampak N9 memiliki berbagai macam pilihan warna.


 Beginilah N9 tampak dari samping. Bentuknya cukup berbeda dibanding ponsel keluaran Nokia sebelumnya.
Layar N9 berteknologi Amoled untuk membuat tampilan gambar lumayan cemerlang. Ada pula teknologi Gorilla Glass untuk menambah ketahanan layar dari goresan.
Jika dilihat dari gambar ini, berarti N9 dapat memainkan game favorit Angry Birds. Nokia belum menyebut berapa harga dan kapan persisnya jadwal peluncuran N9.

Beginilah tampilan menu di Nokia N9. Beberapa pihak menilai tampilan ini terinspirasi iPhone.


Berikut adalah beberapa data mengenai Nokia N9.

Swipe:
Tim pengembang Nokia N9 telah membawa elemen baru di bidang desain ponsel, pengembangan software, serta pengembangan UI. Jadinya N9 kini memiliki gestur yang sangat simpel. Pengguna cukup menggeser layar dengan jari saat ingin berpindah aplikasi.


Desain Unibody:
Nokia N9 memiliki desain unibody layaknya N8. Dengan ukuran layar 3,9 inch AMOLED, icon yang terpampang di layar terlihat cukup jelas dan terang. Body Nokia N9 diukir dari bahan polycarbonate. Ponsel ini pun hadir dalam tiga pilihan warna: hitam, cyan, dan magenta dengan kapasitas storage 16GB dan 64GB. Ponsel ini pun dipersenjatai kamera 8 megapixel besutan Carl Zeiss.


Tak Ada Tombol:
Ponsel ini juga tak dilengkapi tombol fisik di sekitar layar. Pengguna secara penuh akan menggunakan gestur sentuhan jari, seperti geser dan double tap.


Tiga Homescreen:
Homescreen Nokia N9 ada tiga: menu aplikasi, feed jejaring sosial dan notifikasi termasuk kalender, jadwal, sms dan sebagainya, dan tampilan aplikasi yang sedang dijalankan untuk mempermudah perpindahan aplikasi.

Browser Lebih Cepat:
Browsing pada Nokia N9 diklaim lebih cepat dari ponsel Nokia sebelumnya. Dengan teknologi Webkit 2, halaman web terasa lebih responsif. Selain itu kemampuan browsing N9 juga sudah didukung teknologi HTML5.

Bisa Jadi Dompet Digital:
Selain berfungsi sebagai ponsel pintar, Nokia N9 pun telah dilengkapi teknologi dompat digital Near Field Communication (NFC). Dengan ini pengguna nantinya cukup mendekatkan N9 ke mesin NFC untuk melakukan pembayaran. Masalahnya tinggal menunggu kesiapan teknologi ini hadir di Indonesia.


0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca budiman tolong kolom komentarnya diisi ya Tks before (^_^)